Senin, 30 April 2012
Sistem Kerahasiaan dan Keamanan Perbankan
Bisnis kami dibangun berdasarkan kepercayaan nasabah. Untuk menjaga kerahasiaan semua informasi dan data yang Anda berikan kepada kami, perlu kami sampaikan bahwa Bank Ekonomi menjalankan prinsip-prinsip kerahasiaan informasi sebagai berikut :
1. Kami hanya mengumpulkan data dan infomasi pribadi Anda yang kami yakini berkaitan dan diperlukan, untuk memahami kebutuhan finansial yang Anda butuhkan dan. Hal tersebut sangat penting dalam menjalankan bisnis kami.
2. Kami menggunakan data dan informasi pribadi tersebut untuk memberikan pelayanan dan produk yang lebih baik bagi Anda.
3. Kami dapat meneruskan data dan informasi pribadi Anda ke perusahaan lain yang masih berada di bawah naungan Grup HSBC sejauh diperkenankan oleh hukum atau undang-undang yang berlaku.
4. Kami tidak akan mengungkapkan data pribadi Anda kepada organisasi eksternal manapun , kecuali jika mendapat izin dari Anda atau diharuskan oleh hukum/undang-undang atau sudah terlebih dahulu diberitahukan kepada Anda.
5. Dari waktu ke waktu, kami mungkin akan diminta untuk mengungkapkan data pribadi Anda kepada badan atau lembaga pemerintah, lembaga peradilan atau badan regulator ,, namun kami hanya akan melakukan hal tersebut di bawah kekuatan otoritas yang berlaku.
6. Kami berharap untuk tetap menjaga keakuratan dan pembaharuan (up-todate) data dan informasi pribadi Anda dalam arsip kami.
7. Kami menerapkan sistem keamanan yang ketat untuk mencegah akses yang tidak berwenang ke data dan informasi pribadi Anda oleh siapapun, termasuk oleh karyawan kami.
8. Seluruh perusahaan di bawah Grup HSBC, karyawan kami, dan semua pihak ketiga yang diperkenankan mengakses data Anda secara khusus diharuskan untuk menjalankan kewajiban serta kebijakan tentang kerahasiaan.
Dengan menjaga komitmen kami pada prinsip-prinsip tersebut, kami memastikan bahwa Bank Ekonmi menghormati kepercayaan Anda terhadap kami.
Kerahasiaan Data dan Informasi Pribadi Anda Penting bagi Kami
Berikut ini kami sampaikan rincian spesifik bagaimana kami menangani data dan informasi pribadi yang mungkin hendak Anda berikan kepada kami ketika Anda mengunjungi situs ini.
Keamanan Data
Keamanan merupakan prioritas utama. Bank Ekonomi Raharja (‘Bank’) senantiasa berusaha sekuat tenaga untuk memastikan bahwa data dan informasi pribadi Anda dilindungi dari akses yang tidak memiliki wewenang atau tidak terjadi atas ketidak-sengaja-an, atau penghapusan. Kami mempertahankan komitmen terhadap keamanan data nasabah dengan menerapkan pengukuran dan pengawasan baik secara fisik maupun secara elektronik yang memadai untuk menjaga dan mengamankan data dan informasi pribadi Anda.
Bank Ekonomi menggunakan protokol Secure Socket Layer (SSL) dan teknologi 128-encryption – yang merupakan sebuah standar industri untuk proses pemeliharaan dan proteksi data melalui Internet. Jika Anda memberikan data yang bersifat sensitif, data tersebut akan dikonversi secara otomatis menjadi kode tertentu sebelum dikirimkan melalui Internet dengan aman. Server web kami diproteksi dengan “firewalls” dan sistem kami dimonitor untuk mencegah segala akses yang tidak berwenang.
Kami tidak akan mengirimkan kepada Anda data dan informasi pribadi melalui email biasa. Berhubung keamanan email umum tidak dapat dijamin, Anda hanya boleh mengirimkan email kepada kami dengan menggunakan fasilitas emasil yang aman di dalam website kami. Semua langkah-langkah yang praktis akan ditempuh untuk memastikan bahwa data dan informasi pribadi tidak akan disimpan lebih lama dari yang diperlukan dan bahwa Bank mematuhi semua peraturan perundang-undangan serta ketentuan dan kebijakan badan regulator di Indonesia mengenai penanganan data dan informasi pribadi yang dapat diidentifikasi.
Jaminan Keamanan
Baik Anda maupun Bank memerankan peranan yang penting dalam proteksi terhadap tindak kecurangan yang dilakukan secara online. Anda harus berhati-hati agar data rekening bank Anda termasuk User ID dan/atau Password tidak dipengaruhi oleh hal-hal lain dengan memastikan bahwa Anda tidak dengan sengaja maupun sengaja berbagi data tersebut, memberikan atau memfasilitasi penggunaannya oleh pihak yang tidak berwenang. Kami himbau Anda untuk tidak berbagi User IDdan/atau password atau mengizinkan akses atau penggunaan data tersebut oleh orang lain. Kami berupaya menerapkan standar keamanan yang tinggi untuk melindungi kepentingan Anda. Jika, dalam kejadian yang sangat kecil kemungkinan terjadinya, transaksi oleh pihak yang tidak berwenang telah dilakukan melalui rekening Anda tanpa tindak kecurangan, kesalahan maupun kelengahan Anda, maka kami akan mengkompensasikan kerugian langsung sebesar jumlah penuh untuk transaksi tersebut..
Anda harus menjaga kerahasiaan User ID dan Password Anda yang unik. Jangan pernah menuliskan User ID dan Password ataupun berbagi data ini dengan siapapun. Bank tidak pernah meminta Password Internet Banking Anda untuk memastikan bahwa hanya Andalah yang mengetahui informasi ini. Saat pertama kami memilih User ID dan Password Anda yang unik, janganlah membuatnya dari data yang mudah dikenali seperti tanggal ulang tahun, nomor telepon, atau bagian dari nama Anda. Jika menurut Anda User ID dan/atau password Anda sudah pernah diungkapkan ke pihak ketiga, hilang atau dicuri dan terjadi transaksi oleh pihak yang tidak berwenang, Anda harus segera memberitahukan kami.
Pengumpulan Data Pribadi
Penggunaan “Cookies”
Kunjungan Anda ke situs kami direkam untuk keperlua analisa jumlah pengunjung situs dan pola penggunaan secara umum. Beberapa dari informasi ini akan dikumpulkan melalui penggunaan “cookies”. Cookies adalah bagian kecil informasi yang disimpan secara automatis dalam web browser seseorang di komputer mereka yang dapat ditarik (retrieved) oleh situs ini. Jika Anda hendak menon-aktifkan cookies ini, Anda dapat melakukannya dengan mengubah setting di browser Anda. Namun demikian, Anda menjadi tidak dapat memasuki bagian (bagian-bagian) tertentu website kami, termasuk online@bankekonomi.
Promosi Marketing.
Sewaktu-waktu kami dapat mengumpulkan data dan informasi pribadi dari pengunjung situs ini dan dari mereka yang berpartisipasi dalam suatu kontes atau promosi (online maupun melalui telepon atau di salah satu kantor cabang kami). Informasi tersebut hanya dikumpulkan dari perorangan yang memberikan data dan informasi pribadinya secara suka rela. Kami dapat mempergunakan data dan informasi ini untuk memberikan saran kepada nasabah tentang produk, layanan, dan materi marketing lainnya, yang menurut kami, mungkin menarik bagi mereka. Kami dapat pula mengajak pengunjung situs ini untuk berpartisipasi dalam riset dan survei market dan dalam kegiatan lainnya yang serupa.
Anda dapat memilih menerima material marketing dan promosi lainnya melalui email. Jika Anda menerima promosi melalui email atau direct mailings, Anda selalu memiliki kesempatan untuk memilih tidak menerimanya lagi.
Apabila kami meminta Anda memberikan data dan informasi pribadi, kami selalu menyebutkan untuk tujuan apa data dan informasi pribadi tersebut diminta dan memastikan bahwa data dan infomasi tersebut hanya dipergunakan untuk tujuan yang disebutkan pada saat awal proses pengumpulan data.
Pernyataan Pengumpulan Informasi
Pernyataan ini dibuat oleh Bank Ekonomi Raharja (‘the Bank’) sesuai dengan peraturan Bank Indonesia mengenai kebijakanKnow Your Customer (KYC). Pernyataan tersebut dimaksudkan untuk memberitahukan Anda mengapa data dan informasi pribadi dikumpulkan, bagaimana data dan informasi tersebut dipergunakan, dan kepada siapa permintaan akses data ditujukan.
a. Mengapa kami mengumpulkan data dan informasi Anda – kami mengumpulkan data dan informasi pribadi Anda untuk melaksanakan dan mengatur layanan kami bagi Anda dan dalam upaya untuk meningkatkan pengalaman perbankan Anda sebagai nasabah. Tanpa data dan informasi tersebut, Bank bisa jadi tidak dapat membuka atau melanjutkan atau menciptakan atau melanjutkan fasilitas dan layanan perbankan Anda.
b. Data juga dikumpulkan dari nasabah selama berlangsungnya bisnis untuk meneruskan hubungan perbankan, contohnya saat nasabah menuliskan cek atau menyetor uang.
c. Bagaimana data Anda dipergunakan – data yang berkaitan dengan nasabah dipergunakan untuk:
i. Memfasilitasi kegiatan operasional harian dari layanan dan fasilitas kredit yang diberikan kepada nasabah;
ii. Melakukan pemeriksaan kredit;
iii. Membantu institusi keuangan lainnya untuk melakukan pemeriksaan kredit dan menagih hutang sesuai dengan hukum/undang-undang yang berlaku;
iv. Memastikan kelayakan kredit nasabah yang sedang berjalan;
v. Merancang layanan keuangan atau produk terkait bagi nasabah;
vi. Menagih jumlah terhutang dari nasabah dan dari mereka yang memberikan jaminan atas kewajiban nasabah;
vii. Mematuhi peraturan pengungkapan dari hukum/undang-undang apa saja yang mengikat Bank atau kantor cabangnya yang manapun;
d. Pengungkapan data dan informasi pribadi Anda – data mengenai nasabah yang disimpan oleh Bank dijaga kerahasiaannya, namun Bank dapat memberikan data tersebut kepada pihak-pihak berikut untuk tujuan yang disebutkan dalam point (c) :
i. agen, kontraktor, atau vendor jasa pihak ketiga yang memberikan Bank layanan administratif, telekomunikasi, komputer, pembayaran, ataupun kliring jaminan maupun layanan lainnya sehubungan dengan operasional bisnisnya.
ii. Pihak lain yang menurut kewajiban kerahasiaan terhadap Bank meliputi perusahaan satu Grup dengan Bank yang telah berjanji untuk menjaga kerahasiaan data tersebut;
iii. Bank penarik (drawee) memberikan salinan dari cek yang telah dicairkan (yang mungkin berisi data tentang si pembayar/payee) kepada si penarik (drawer).
iv. Agen referensi kredit, dan, dalam hal terjadi gagal bayar, kepada agen penagihan hutang;
v. Siapapun terhadap siapa Bank wajib mengungkapkan menurut peraturan hukum/undang-undang yang mengikat Bank atau kantor cabangnya yang mana saja; dan
vi. Penerima kuasa Bank yang aktual atau yang diusulkan atau partisipan atau sub-partisipan atau transferee dari hak Bank sehubungan dengan nasabah.
e. Permintaan akses data – setiap orang yang memiliki hak untuk :
i. Untuk memeriksa apakah Bank menyimpan data dan informasi mengenai para nasabah dan akses ke data tersebut;
ii. Meminta Bank memperbaiki data dan informasi apapun yang tidak akurat yang berkaitan dengan nasabah;
iii. Menentukan kebijakan dan praktek Bank sehubungan dengan data dan diinformasikan jenis-jenis data dan informasi pribadi yang disimpan oleh Bank; dan
iv. Berkenaan dengan kredit konsumer, meminta informasi data yang mana yang secara rutin dapat diungkapkan kepada agen referensi kredit atau agen penagihan hutang.
f. Bank berhak untuk mengenakan biaya yang masuk akal untuk pemprosesan permohonan akses data dan informasi
g. Tidak ada isi dalam Pernyataan ini yang dapat membatasi hak-hak nasabah berdasarkan Undang-Undang dan peraturan yang berlaku di Indonesia.
sumber :
http://www.bankekonomi.co.id/ketentuan/keamananKerahasiaan.html
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar